Monday, May 7, 2012

YESUS Menampakkan Diri & Meneguh Kasih Petrus

-Menampakkan Diri dan Meneguh Kasih Petrus-
(Yohanes 21:1-6; 15-19)

Petrus berarti Batu Karang, diberikan oleh YESUS kepada muridnya yang bernama Simon, berarti pula bahwa YESUS yakin, Petrus dapat diandalkan. Dalam perjalanan hidupnya bersama SANG GURU, Petrus memang memiliki karakter unik yang tidak dimiliki murid2 lainnya, ia cepat mengumbar sesuatu tanpa memikirnya terlebih dahulu. Kata2 yang keluar dari mulutnya, lebih cepat daripada konsekuensi yang harus ia pertanggung jawabkan nantinya. Berkali-kali ia menguatkan YESUS bahwa ia akan selalu setia dan berada di sisi-NYA, sampai pada hari ia menyangkal YESUS, maka tersadarlah ia akan iman dan kasihnya pada Pribadi yang sungguh sangat mengasihinya. Pagi itu, ketika untuk ketiga kalinya YESUS menampakkan diri kepada murid2NYA, IA bertanya kepada Petrus, "Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi AKU?" TUHAN dan JURU SELAMATnya bertanya, apakah Petrus sanggup mengasihi-NYA dengan kasih Agape? Namun Petrus, yang telah belajar dari kesalahan & dengan mengakui kondisi rohani dirinya, belajar untuk rendah hati dan hanya sanggup menjawab "TUHAN, ENGKAU tahu segala sesuatu, ENGKAU tahu bahwa aku mengasihi ENGKAU" Petrus mengasihi YESUS, meski tidak se-sempurna Agape milik YESUS untuknya. Ia mengasihi YESUS dan itu dibuktikan dengan pengabdiannya pada YESUS sampai mati disalib terbalik, karena membela Salib KRISTUS.

Belajar dari Petrus:
1. Walaupun masa lalu kita buruk, namun TUHAN sanggup mengampuni dan memulihkan hidup kita.
2. Jika kita sungguh2 ingin dipulihkan, maka kita harus mau jujur dengan kondisi kehidupan kita saat ini.
3. Jujurlah pada TUHAN, maka IA akan jujur dengan kita. IA akan langsung menyelesaikan segala sesuatu, langsung pada akar2nya.

Mari kita tetap berdiri teguh dalam Kasih dan Kuasa kebangkitan KRISTUS. IA mengerti siapa dan apa kita, TUHAN yang memberi kekuatan dan memberkati kita semua, :).

Pdt. Evelyn Sudibyo, pada Kebaktian Umum Jemaat GKKK Jayapura
(dan sekaligus melayani Perjamuan Kudus)
Minggu, 6 Mei 2012

No comments:

Post a Comment