Sunday, April 29, 2012

Menampakkan Diri Kepada Thomas

YESUS menampakkan DIRI kepada Thomas (Yohanes 20:24-29)

"Lihat dulu baru percaya"
kebanyakkan kita, mulai hidup dengan pemahaman yang seperti ini, dalam beberapa kondisi hal ini memang diperlukan, namun alam iman dan percaya sebagai anak2 ALLAH hal ini tentu tidak dapat dijadikan patokan, sebab bilakah kita berjumpa secara fisik dengan ALLAH kita?

"Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya" MEngapa Thomas menjadi ragu2?
1. Thomas tidak memiliki pengharapan. Sebelumnya Thomas adalah murid yang sangat setia, namun harapannya menjadi lenyap setelah ia melihat YESUS ditangkap, disiksa, disalib dan mati. Thomas menjadi tawar hati karna ia beranggapan bahwa seharusnya YESUS menjadi Raja yang membawa kemenangan bagi Israel bukan mati di salib.
2. Thomas tidak mengimani/berpegang teguh pada Kitab Suci. Sejak kecil Thomas telah belajar kitab suci, sayangnya ia tidak memahami makusd dari nubuatan para nabi, bahwa Anak ALLAH akan mengalami penderitaan dan hukuman salib sebagai bukti kasih dan keadilan TUHAN bagi manusia.
3. Thomas terlalu berpusat pada diri sendiri, bukan kepada ALLAH. Ia tidak membuka telinga dan hatinya, sehingga ia kehilangan kasih karunia dari ALLAH.

Mari belajar dari pengalaman salah satu murid YESUS ini:
1. Milikilah pengharapan yang teguh hanya pada YESUS, karna IA telah bangkit mengalahkan kuasa maut dan itu berarti IA sanggup melakukan segala perkara.
2. Imani sungguh2 Kitab Suci yang kita miliki, sediakan waktu setiap hari untuk merenung dan mempelajari kebenaran yang menjadi standar hidup kita. Kenalilah TUHAN yang kita sembah, melalui apa yang sudah difrimankan-Nya.
3. Hiduplah dengan berfokus pada ALLAH, segala yang IA lakukan adalah baik untuk kita, bahkan adalah yang terbaik. Jangan ber-fokus pada diri sendiri, karna pada akhirnya kita hanya akan mengasihani diri sendiri dan kehilangan kemurahan, bahkan kasih karunia dari ALLAH. TUHAN tau siapa kita, kelemahan kita, dan kebutuhan kita, percayalah pada kuasa-NYA. "Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya"

Ev. Jenny Iskowanto, pada Kebaktian Umum Jemaat GKKK Jayapura
Minggu, 29 April 2012

No comments:

Post a Comment